Sunday, September 2, 2012

Pengamat: Aneh Foke Bisa Klaim Berhasil Amankan Jakarta

Pengamat: Aneh Foke Bisa Klaim Berhasil Amankan Jakarta

Jakarta Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengklaim berhasil menjaga keamanan kota sehingga tidak terjadi konflik horizontal. Klaim Foke ini disebut aneh.

"Klaim itu aneh, mengganggap orang sudah lupa dengan bentrok antar warga, antar ormas dan aksi geng motor yang belum lama terjadi. Foke terlalu bernafsu memanfaatkan isu untuk memojokkan lawan, tetapi mengabaikan ingatan masyarakat," kata pengamat kebijakan publik, Andrinof Chaniago saat dihubungi, Minggu (2/9/2012).

Menurut Andrinof, Foke kerap membuat blunder lantaran menggunakan isu-isu yang kontraproduktif atau malah merugikan dirinya sendiri. "Sepertinya Foke terus dalam kesulitan mencari isu-isu tambahan di luar isu primordialisme yang sudah digunakan, tetapi ternyata juga kontraproduktif," terangnya.

Dia menambahkan, meski aparat keamanan memegang tanggung jawab atas keamanan warga, namun Pemprov juga harus tetap melakukan tanggung jawabnya.

"Pemprov tugasnya mendukung dengan menciptakan kondisi sosial yang rukun dan damai. Masyarakat yang rukun akan menghalangi pihak-pihak yang ingin melakukan tindak kejahatan menjadi tidak leluasa menjalankan niatnya," kata Andrinof.

Klaim keberhasilan menjaga keamanan Ibu Kota disampaikan Foke dalam silaturahmi dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia di kediamannya, Menteng, Jakarta Pusat, kemarin (1/9).

"Hampir 5 tahun di Jakarta selama saya memimpin tidak ada kejadian menonjol yang mengakibatkan kita tidak bisa beraktifitas secara normal. Berbeda dengan kota lain yang memiliki konflik lain yang menimbulkan konflik horizontal," ujar Foke.

Meski banyak yang ragu akan kemampuan Pemprov DKI, Foke tetap berkomitmen untuk menjaga keamanan kotanya. "Saya tahu banyak yang tidak percaya Pemprov DKI tapi tidak mungkin ketenangan seperti yang kita alami. Tidak mungkin ekonomi kita growing above average seperti ini, jika terjadi konflik di Jakarta," tutur pria berkumis lebat ini.

http://news.detik.com/read/2012/09/02/111304/2005393/10/pengamat-aneh-foke-bisa-klaim-berhasil-amankan-jakarta

0 comments: